TUGAS MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN

1. Jelaskan fungsi manajemen secara umum dan bagaimana pula hubungannya dengan pengambilan keputusan!
Jawab: 1. Fungsi Perencanaan / Planning
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4. Fungsi Pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
Hubungannya dengan pengambilan keputusan:
Dari sisi pengambilan keputusan, perencanaan yang merupakan fungsi manajemen merupakan pengambilan keputusan untuk jangka waktu yang panjang atau waktu yang akan datang mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana dan siapa yang akan melakukannya, di mana keputusan yang diambil belum tentu sesuai, hingga implementasi perencanaan tersebut dibuktikan di kemudian hari.
2. Pada dasarnya terdapat 2 hal pokok persamaan antara Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen. Jelaskan 2 hal pokok persamaan antara Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen!
Jawab: 1. Menggunakan Sistem informasi operasi yang sama sebagai bahan baku untuk menghasilkan informasi yang disajikan kepada pemakainya;
2. Prinsip akuntansi yang lazim diterima baik dalam akuntansi keuangan kemungkinan besar juga merupakan prinsip pengukuran yang relevan dalam akuntansi manajemen.

3. Jelaskan perbedaan antara Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan dalam faktor:
a. Tujuan utama;
b. Dasar penyusunan laporan;
c. Orientasi laporan;
d. Tingkat kesulitan;
e. Isi laporan.
Jawab: Faktor Perbedaan Akuntansi Keuangan Akuntansi Manajemen
Tujuan Utama Pihak-pihak eksternal organisasi
Contoh: owner, pajak, kreditur, debitur, dll. Pihak-pihak internal organisasi yaitu berbagai tingkatan manajemen.
Dasar Penyusunan Laporan Prinsip Akuntansi diterima umum, diperiksa berdasarkan norma pemeriksaan Akuntansi. Biaya dan Manfaat, hubungannya dengan teori manajemen.
Orientasi Laporan Orientasinya masa lalu, penilaian historikal terhadap kemampuan ekonomi masa lalu. Orientasi masa depan, prediksi, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi dan non ekonomi.
Tingkat Kesulitan Lebih mudah, pada dasarnya mengangunkan disiplin Akuntansi. Lebih sulit, menggunakan multi disiplin ilmu pengetahuan.
Isi Laporan Neraca, laba rugi, perubahan modal dan aliran dana (cash flow). Anggaran, laporan biaya, laporan prestasi dan laporan analisis khusus.

Comments are closed.